Senin, 04 Juni 2012

abu-abu

"jadi intinya, status lu sama dia itu apa?", begitulah tanya teman bie beberapa waktu yang lalu perihal status seseorang dikehidupan bie.

abu-abu.

bie pikir zaman saiki sudah tidak begitu memperguncingkan sebuah status. bie pikir. dikeluarga bie, status seseorang di ikrarkan hanya tepat didepan Tuhan, kedua orangtua kedua belah pihak dan beberapa elemen terpenting dikehidupan orang tersebut. selebihnya dari itu. abu-abu.

bie terbiasa dengan status abu-abu, dan pesan mereka jangan terbiasa dengan kebiasaaan itu sendiri.

beberapa waktu yang lalu teman bie memuntahkan semua uneg-unegnya ke bie: "gw gak tau sebenernya gw sama dia itu apa!"

bie: "lah, kalo lu gak tau.. gimana gw bisa tahu?"
temen bie: "bantu gw cari tahu donk..."
bie: "caranya?"

temen bie: "kalo gw tau, gw gak akan tanya sama lu.."
bie: tertawa gamang


dikasus ini teman bie berjenis kelamin sama dengan bie, dan yang membedakan kami hanyalah pola pikir kami. bie sama sekali tak pernah keberatan atau pun mempersoalkan status bie dihadapan orang yang bie cintai. lebih tepatnya bie tak mau direpotkan perihal itu.

bie: "lu cinta sama dia?"
teman bie: "dia duluan yang tanya sama gw, bie.."
bie: "gw gak peduli siapa yang duluan ngemeng atau nanya..! gw cuman tanya, lu cinta kagak sama tu orang dan orang itu cinta kagak sama lu?"
temen bie: "katanya sih begitu.."
bie: "katanya? haha.. ribet bener sih idup lu. lu aja gak percaya dia cinta kagak sama lu, dan sekarang lu rela direpotkan dengan hal yang gak lu percaya? lu tuh lebih abu-abu dari abu-abu cuy.."
temen bie: *cengo'*
bie: "apa peduli lu tentang status lu buat dia? lu sendiri blum percaya sama dia.. kalo emang saling cinta kalian akan saling berusaha. saling berusaha untuk memahami. saling berusaha untuk mengerti. saling berusaha untuk menerima. saling berusaha untuk memberi. lebih dari itu yaa... lu gak jauh dari warna abu-abu. gw lebih suka status "teman". even dia teman special atau bukan, sebelum gw bener-bener berikrar di altar sana, dihadapan Tuhan dan kedua orangtua gw. defenisi teman buat gw adalah sebuah pembelaan diri dari segala bentuk rentetan hinaan orang-orang disekitar gw. abah gw selalu bilang tentang: nothing to lose. untuk hal percintaan pun gw menggunakan prinsip itu dan gw berdiri diwilayah abu-abu."
teman bie: "maksudnya?"
bie: "gw sendiri gak paham arti cinta yang sebenarnya dan gw bukan type manusia yang romantis walau pun gw sering memberikan manusia-manusia disana kalimat-kalimat manis nan puitis. tapi itu gak jaminan kalo gw adalah manusia yang berkarakter seperti itu. dan gw sendiri gak paham kenapa tiba-tiba aja lu dateng ke depan gw terus cerita tentang percintaan nan sadis. lah, gw sendiri ampe sekarang blum dapet sertipikasi lulus dari dunia percintaan.. abu-abu adalah zona aman walau tak nyaman."
teman bie: "lah terus ngapain lu tetep bertahan di zona itu?"
bie: "setidaknya gw masih punya kata aman disana, dari pada gw merengek-rengek mempertanyakan status. perjudian dalam percintaan. udah gak aman trus ndak nyaman.. beugh, mana gw mau. konsekuensinya yaa.. kalo pun dia ndak jodoh gw, setidaknya gw masih aman disebut: teman dan gw masih nyaman untuk bermanja-manjaan. hehe.."
teman bie: "tapi kan itu menyakiti perasaan sendiri. membohongi perasaan sendiri..?"
bie: "nothing to lose mak cik.. gak rugi juga to gw gak dapet status tapi gw dapet perlakuan istimewa ketimbang gw dapet status istimewa tapi dapet perlakuan disama ratakan. uh. demi ape? dan satu lagi.. teman adalah status aman untuk seseorang ketimbang lu disebut orang yang tak dikenal."

bagi bie, wilayah abu-abu sama halnya seperti di era abu-abu beberapa tahun yang lalu. persahabatan, percintaan dan penghianatan itu terjadi pada bab yang sama. begitu pun dengan status seseorang yang belum jelas.

sahabat
teman
gebetan

terangkum pada satu tubuh yang sama dan akan memiliki episode yang sama ketika di era abu-abu tersebut. dan hanya pemenanglah yang akan maju ke depan altar sana, dikalungkan ikatan janji sehidup semati - seia sekata.
ketika itu terjadi, bie akan sebut itu: putih.
disana akan ada cerita baru lagi, dan hitam akan digoreskan tinta hitam. kemudian waktu yang akan membuktikan kembali kejayaannya. akankah putih tetap menjadi putih atau tinta hitam meluruh dan menjadikannya kembali menjadi abu-abu.

Tidak ada komentar: