Senin, 16 April 2012

kode etik

dalam hubungan pertemanan terdapat yang namanya kode etik. bagi bie sendiri ada beberapa hal yang sebaiknya tak usah dibahas dalam pertemanan..

siang ini membahas hal ini dengan seorang teman bie, ada beberapa pertanyaan yang ndak layak ditanyakan oleh seorang teman, even itu teman dekat.

misal: pertanyaan seputar asmara..
awalnya teman bie bilang klo itu pertanyaan basa-basi, kemudian bie mengungkit kembali tentang sikapnya yang merasa tidak nyaman ketika pertama kali bie tanya tentang hal ini. sama sekali tidak bersahabat.

lalu teman bie pun sepakat dengan bie, pertanyaan seputar asmara sama halnya dengan pertanyaan: berapa gajimu disana?

bie pun kembali mengingat, mungkin saja bie pernah melanggar kode etik ini. tapi ternyata memang bie sangat menjaga sekali kode etik pertemanan. sangat riskan bertanya hal ini kepada siapa pun, bukan hanya kepada teman semata. toh bie ndak pernah tanya siapa pacar adek bie, dengan siapa dia lagi menjalin hubungan. janggal rasanya.

pernah suatu ketika bie datang ke tempat kerja si adek, yang mana tempat itu dulu adalah tempat nongkrong bie. dikarenakan si adek mulai tahun lalu kerja disana jadinya bie mengurangi langkah untuk tidak seaktip dulu beredar ditempat itu. dan bie juga ndak pernah tanta ke adek tentang perkembangan yang ada disana. suatu ketika bie datang ke sana setelah tau si adek lagi shift pagi, ini bie lakukan agar kami ndak saling kikuk.

bie ke sana bersama seorang teman bie, bie kenal baik dengan pemilik tempat ini. thats why si adek kerja disini... KKN! begitu tiba ditempat itu bie langsung memposisikan diriku sova hitam disudut cafe. dari sini bie bisa mengulang kembali slide memori bie dua tahun lalu. dan dari sudut ini pula bie bisa menatap bulan purnama dari balik pohon pinus dipinggir kolam itu.

tapi romantisme malam itu seketika berhenti ketika sayup dari bilik dapur bie mendengar ocehan dari beberapa crew cafe yang tak lain adalah teman-teman adik bie. mereka  menggoda seorang wanita yang ternyata mantan adik bie. ini konyol. mereka memaksa wanita itu untuk melayani bie dan teman bie saat itu. kikuk. yaa.. wanita itu dengan kikuk memberikan menu dan lilin ke meja bie.

kala itu teman bie memasang wajah heran dan bertanya-tanya, tak lama bie jelaskan kenapa wanita itu begitu kikuk. "dia mantannya adikku, dan perhatikan ke arah jam tiga.. teman-temannya sedang mengawasi dia saat ini". aku pun memperlambat pesananku, agar dia semakin kikuk berdiri disana.

kembali ke kode etik... perlakukan teman-temannya kala itu sangat melanggar kode etik. tapi bie pun menikmati moment itu. menertawakan dia yang berdiri kikuk.. dan terang saja, begitu tiba dikandang bie tak sabar untuk menceritakan hal ini ke adik bie. hasilnya? dia hanya bisa memasang muka tak ingin berkomentar.

kode etik kakak beradik....... menjadikan ini sebagai lelucon yang tak lucu. itu saja

Tidak ada komentar: