Selasa, 17 April 2012

perihal matua

"kamu ndak jadi ke jakarta, dek?"
"gak.. papungnya sih nangis"
"lho nangis kenapa?"
"aahh papungnya aja cengeng.. berantem mulu sama mama"

begitulah keluhan keponakan bie, ndak puas dengan jawabannya..akhirnya bie tanya ke adek bie. rencananya mereka akan ke jakarta dan bagi bie itu kesempatan bagus untuk melampiaskan rasa rindu pada dua bocah tengil itu. 


merindukan makhluk itu dengan sangat, terlebih setelah tahu si keyka (bocah yang bie panggil adek, kadang juga nak) beberapa minggu lalu terkena tipus. argh.. anak itu selalu keluar masuk rumah sakit. dan dikarenaka si papung a.k.a matua bie ada disana so bie ndak bisa dateng menjenguk. bie masih kikuk untuk bertemu dengannya. masih ngrasa nelangsa sendiri...


"matua nangis kenapa lagi, ia?"
"biasalah.. ibu dan anak"
"masalah apa lagi? sering banget sih nangisnya.."
"aahh cuman karena kak mel sering telat ke gereja aja, matua tegur.. kak mel nglawan. biasalah"
"gak berubah! oh ya.. ajak matua ketemu bou dari medan"
"katanya sih mau banget.. cuman ndak ada yang nganterin"
"segitunya sih.. kan ada mobil, yaa suruh siapa kek anterin atau naik taxi"
"trus nanti yang nunjuk jalan siapa? klo dia nyasar gimana? matua kan ndak pernah jalan sendiri.."
"ya lu kek.. siapa kek, sesibuk apa sih ampe ngbiarin dia lonely gtu?"


aarghhh.. bie kesal!

matua itu memang bukan emaak kandung bie, dia bukan sosok yang melahirkan bie. tapi bagi bie dia salah satu orang yang sangat bie hormati selayaknya bie menghormati emaak bie. *haus mendadak, mulai cengeng


beberapa waktu yang lalu silahturahmi antara keluarga bie dan keluarga patua sempat merenggang.

- sebut saja: sejarah.
klo ndak salah ini foto tahun baru 2001 atau 2002, aahh ini masa-masa manis sekali kaakaa.. semuanya berkumpul. semuanya. dan ditahun ini juga alm. patua bilang bahwa ini akan menjadi kebersamaan terakhir. *makin melow

kembali ke matua.. bie sempat ngadu ke emaak perihal ini. mak, nanti klo sekiranya bie lupa akan asal dari rahim mana bie datang, tolong marahi bie yaa..

ampe sekarang ini bie masih ndak berani tanya apakabar dan segala macamnya ke matua. masih ngrasa bersalah karena ndak bisa temani dia di medan sana. alhasil dia pun harus terjebak kesepian diantara rutinitas anaknya itu. lalu bie? yaa bie hanya bisa menahan emosi dari sini.



suatu masa matua pernah tanya tentang si jeje 
- salam unyu-unyu -
yaaa.. makhlu kecil satu ini. jeje itu anak abang bie. abang kandung. dan biasanya si matua ini hobby marah-marah klo ke si abang. tapi sejak ketemu si jeje, matua jadi ndak marah-marah gitu. beberapa waktu yang lalu si abang akhirnya dipindahtugaskan ke medan. dia sempat binun akan tinggal di daerah mana. sebenernya sih bie ndak setuju dia bersedia pindah ke sana. dua adik bie yang disini jadi tanggung jawab bie dunk, huuuaaaaaahh... bisa-bisa gantung ransel ini namanya. *egoismodeon

kembali ke berdamainya matua dan abang, dan begitu si abang fix dipindahkan..dia sempet nanya ke bie kira-kira sebaiknya kase tau matua apa ndak. in this case, memang hanya bie yang dekat dengan keluarga matua dan patua. bie bilang sih yaa kase tau aja, ndak ada salahnya to, itu berarti kita masih menghargai mereka sebagai orang tua kita terlepas dia peduli atau tidak kita akan tinggal dimana. lakukan saja bagian kita ndak usah urusi bagian orang lain.

ternyata si abang yang keras hati dan keras kepala itu manut dengan omongan bie entah dengan pertimbangan apa. dan ajaib.. matua malah menawarkan si abang, mbaknya dan jeje untuk menempati rumah yang disana. memang sih, sejak bie memutuskan kembali ke jakarta.. rumah itu jadi ndak berpenghuni. tak sembarangan orang yang boleh tinggal disana.

matua itu kadang nyebelin, cerewetnya ituuhh bkin ndak nahan. oh yaa dia itu posesip tingkat akhir... pokoknya klo bie udah setor muka sediikiittt aja ehmm.. susah untuk melepaskan diri dari pandangannya. tapi disisi lain ada hal mannis yang bie suka dari dia, klo pas makan.. bie rela makan tempe doank tapi jadi sepiring berdua sama dia. matua itu diwajibkan untuk diet karena faktor umur, kami cemas dia terkena penyakit yang aneh-aneh tapi bie sendiri ndak rela liat dia nahan napas klo kami lagi makan. jadi lebih sering ambil seporsi aja.. bie makan dikit dia yang makan banyak tapi yang dikira makan yaa bie.

ahh sudahlah.. dear matua: PENGEN PEYUKKKKKK!!!!

Tidak ada komentar: